Melahirkan Dengan Cara Normal Tanpa Jahitan?? Terapkan 7 Cara Hebat Berikut Ini!!

Melahirkan normal tanpa jahitan bisa dikatakan sebagai prestasi luar biasa bagi wanita. Hal itu jelas, karena proses melahirkan normal itu sangatlah berat dan menyakitkan. Tidak semua wanita bisa tahan dan tenang menghadapi rasa sakit yang luar biasa pada saat bukaan 1-10. Akibat ketidak sabaran tersebutlah yang membuat wanita mengalami robekan pada area kewanitaanya.

Melahirkan Dengan Cara Normal Tanpa Jahitan

Robekan atau guntingan yang istilahnya dalam dunia kedokteran adalah episiotomy merupakan tindakan pengguntingan yang dilakukan guna melebarkan jalan lahir bayi. Proses pengguntingan tersebut memang tidak menyakitkan karena umumnya dokter akan memberikan anestesi local guna menghilangkan rasa sakitnya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir terjadinya robekan atau episiotomy, diantaranya adalah :

1. Pengetahuan tentang persalinan normal

Memiliki pengetahuan yang cukup tentang persalinan normal bisa menjadi bekal untuk menghadapi masa paling menegangkan tersebut. Ada beberapa tahapan dan proses yang harus dilalui dengan sabar agar persalinan bisa lancar tanpa jahitan. Jangan Lupa Siapkan 7 Hal ini Menjelang Persalinan

2. Persiapan sebelum persalinan

Perispan yang matang akan membantu mensukseskan proses persalinan normal tanpa jahitan. Ada beberapa persiapan yang wajib dilakukan sebelum persalinan, salah satunya senan khusus ibu hamil yang bertujuan melatih otot-otot di sekitar jalan lahir.

3. Memilih tempat bersalin yang nyaman

Memilih tempat bersalin wajib dilakukan agar Anda bisa mendapatkan tempat senyaman mungkin untuk menjalani persalinan yang lancar. Suasana yang tidak mendukung tentulah dapat mengganggu proses persalinan Anda.

4. Kuatkan stamina sebelum persalinan

Persalinan normal membutuhkan waktu yang lumayan lama bahkan menguras tenaga. Oleh karena itu ibu harus memiliki stamina yang kuat agar terhindar dari pengguntingan. Banyak istirahat dan penuhi kebutuhan nutrisi saat trimester akhir kehamilan agar kondisi tubuh Anda senantiasa bugar.

5. Buat diri Anda rileks saat persalinan

Ketegangan dan stress dapat menghambat proses persalinan, oleh karena itu pastikan Anda rileks dan tenang saat menjalani persalinan normal. Hal ini yang akan menghindarkan Anda dari jahitan saat persalinan.

6. Jangan mengangkat bokong saat mengejan

Mengangkat pantat atau bokong saat mengejan termasuk hal yang harus dihindari karena dapat mengakibatkan terjadinya robekan yang luas pada jalan lahir. Hal ini terjadi karena tidak adanya penyangga yang mengakibatkan otot mudah sobek ketika Anda mengangkat bokong.

7. Mengejanlah sesuai instruksi dokter

Jangan mengejan sebelum dokter mengistruksikannya, karena selain membuat tenaga Anda habis juga bisa memicu robekan pada jalan lahir. Maka itu, pastikan selalu turuti instruksi dari dokter atau bidan Anda agar persalinan lancar.
Dengan menerapkan beberapa tips diatas, semoga proses persalinan Anda bisa lancar dan tanpa mengalami robekan. Semoga bermanfaat!

sumber

Awas !! Untuk Ibu Hamil Jangan Konsumsi 5 Buah Ini Kalau Tidak Mau Keguguran

Menjaga kehamilan adalah hal yang wajib dilakukan, terutama jika kehamilan masuk trimester pertama yang merupakan masa kritis kehamilan. Pada masa ini, ibu harus menjaga asupan nutrisi agar kondisi kehamilan dan janinnya sehat hingga masa persalinan tiba.

Untuk Ibu Hamil Jangan Konsumsi 5 Buah Ini Kalau Tidak Mau Keguguran

Selain itu, ibu hamil juga wajib selektif memilih makanan,  karena ternyata ada beberapa makanan yang dapat menghambat tumbuh kembang janin hingga memicu keguguran, misalnya : makanan yang mengandung mercuri, makanan setengah matang yang mengandung bacteri salmonella, dan lain sebagainya.  Pengen Punya Anak Cerdas? Konsumsi 8 Makanan Ini Saat Hamil

Buah-buahan termasuk makanan yang disukai oleh kebanyakan ibu hamil, karena rasa dan aromanya sangat segar dan pastinya kaya vitamin. Meski begitu, tidak semua buah-buahan baik untuk ibu hamil loh,  karena ada beberapa jenis buah-buahan yang dapat menyebabkan keguguran. Hem, kira-kira apa sajakah buah-buahan tersebut? Simak informasinya ddalam artikel yang berjudul Awas! Ini Lima Buah yang Sebabkan Keguguran, berikut ini : Ibu Hamil! Hindari 7 Perbuatan yang Sebabkan Kecerdasan Anak Menurun
1. Nanas muda
Banyak yang menyebutkan jika buah nanas muda dapat menyebabkan keguguran. Ternyata itu bukanlah mitos belaka, karena nanas muda mengandung enzyme  bromealin yang relative tinggi yang menghambat dan merusak tumbuh kembang janin sehingga berpotensi memicu keguguran. Tapi kondisi ini hanya berlaku jika kehamilan masih muda sekaali, yakni trimester pertama.  Meski begitu, ibu hamil tidak perlu takut mengonsumsi buah nanas matang, karena didalamnya terdapat kandungan nutrisi penting yang bermanfaat bagi ibu hamil. Konsumsi buah nanas seperlunya saja dan jangan berlebihan ya!
2. Pepaya Muda 
Mengonsumsi pepaya muda saat kehamilan masih masuk trimester pertama harus dihindari, karena dapat memicu keguguran. Pepaya muda masih mengandung banyak getah yang memicu kontraksi sehingga berpotensi menghambat tumbuh kembang janin.
3. Buah Durian
Buah durian memang nikmat dan menggugah selera. Meski begitu, buah yang satu ini kurang baik dikonsumsi ibu hamil, karena mengandung asam arachidonat tinggi.  Kelebihan kandungan asam arachidonat dapat memicu produksi senyawa prostaglandin dalam Rahim yang berpotensi merangsang kotraksi dini. Selain itu, buah durian juga mengandung alcohol tinggi sehingga jika dikonsumsi berlebihan dapat menghambat tumbuh kembang janin sehingga tidak bisa tumbuh dengan optimal, misalnya : premature, bobot kurang, dan lainnya.
4. Buah Kalengan
Dibandingkan buah kalengan, mengonsumsi buah segar jauh lebih disarankan, karena lebih sehat dan fresh. Buah kalengan mengandung pengawet dan bahan kimia lainnya yang dapat memicu keguguran.
5. Semua buah yang tidak dicuci
Sebelum mengonsumsi buaah-buahan, pastikan cuci bersih agar terbebas dari sisa peptisida maupun bakteri toksoplasmosis yang menyebabkan keguguran.
Semoga informasi yang berjudul Awas! Ini Lima Buah yang Sebabkan Keguguran diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sumber Laman

4 JENIS SAYURAN BANTU ISTERI ANDA CEPAT HAMIL

Semua sayur ada nutrisi yang tersendiri tapi ada beberapa jenis sayur yang dikatakan membantu mempercepatkan kehamilan. Sayuran ini secara spesifiknya mengandungi zink, asid lemak omega 3, antioksidan dan nutrisi lain yang meningkatkan kesuburan wanita, ovulasi dan kualitas telur.

4 JENIS SAYURAN BANTU ISTERI CEPAT HAMIL

1. Bayam

bayam (1)

Bayam mengandung zat besi, folat, zink dan antioksidan yang baik untuk kesuburan wanita dan membantu wanita untuk cepat hamil. Boleh amalkan hidangan bayam secara sehat seperti dikukus, direbus atau dijadikan salad.

2. Daun Bit

zeleno_smuti_s_lista_ot_cherveno_cveklo

Kita biasa mendengar manfaat ubi bit tapi jarang mendengar khasiat daunnya. Ia sebenarnya kaya zat besi yang penting untuk membantu kehamilan.

DAUN BIT JUGA KAYA VITAMIN C DAN FOLAT, YANG MERUPAKAN NUTRISI LAIN DIPERLUKAN UNTUK KEHAMILAN.

3. Brokoli

brokoli (1)

Brokoli membersihkan tubuh dari metabolit hormon seperti lebihan metabolit estrogen dalam tubuh yang mengganggu hormon-hormon kehamilan normal.

4. Biji Labu Dan Tiram

[UNSET]

Biji labu dan tiram tinggi kandungan zink, zat besi dan asid lemak omega-3. Kekurangan zink dalam tubuh secara langsung berkait dengan ketidaksuburan lelaki dan wanita.

PENGAMBILAN KHASIAT INI PENTING DALAM MENJAGA KUALITI TELUR DAN SPERMA SELAIN MEMBANTU MELINDUNGI SPERMA DARI KEROSAKAN KROMOSOM.

sumber